logo

on . Hits: 59

PTA. AMBON MELAKSANAKAN PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN WAKIL KETUA,

KASUBAG. KEPEGAWAIAN DAN IT, KASUBAG TATA USAHA DAN RUMAH TANGGA

SERTA PELEPASAN WAKIL KETUA LAMA KE PTA. BANGKA BELITUNG

 

PTA.Ambon.go.id││

Rabu (14/05/2024), bertempat di ruang Aula Pengadilan Tinggi Agama Ambon dilaksanakan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon (Drs. H. Ayep Saepul Miftah, S.H., M.H), Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan IT (Nur Amalia Tuasikal S.HI), Kepala Sub bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga (Onny Ulath S.HI) dan dirangkaikan dengan Pelepasan Wakil Ketua PTA. Ambon yang lama (Drs. Wahyudi, S.H.,M.H.) ke Pengadilan Tinggi Agama Bangka Belitung.  Acara tersebut diikuti oleh Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris, Para Pimpinan Pengadilan TK Pertama, Pejabat Struktural dan Fungsional, Staf Pelaksana, PPNPN Pengadilan Tinggi Agama Ambon serta Tamu undangan lainnya yang hadir secara langsung maupun melalui zoom. Acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon (Drs. H. Saharudin, S.H, M.HI).

P.Wakil 1

Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon Drs. H. Ayep Saepul Miftah, S.H., M.H. dalam perkenalnnya menyampaikan bahwa nama saya adalah Saiful Miftah yang artinya pendamping semoga saya bisa membuka kebenaran dan menjalankan kebenaran di wilayah Ambon ini, Saya lahir di daerah Ciamis, Jawa Barat tepatnya hari Kamis pada tanggal 6 Mei tahun 1965, Saya menyelesaikan kuliah di UIN Jakarta kemudian saya di promosikan oleh IAIN masuk untuk menjadi calon dosen namun rezeki saya lain yaitu menjadi Hakim di Pengadilan Agama Tanjung Selon pada tahun 1991.  Saya pernah menjadi Wakil Ketua di Pengadilan Agama Indramayu selanjutnya saya berpindah ke Kuningan selanjutnya saya ke Majalengka dan menjadi Hakim Tinggi di PTA Kendari, PTA Banjarmasin, PTA Bandung dan hari ini saya bisa menjadi Wakil Ketua di Pengadilan Tinggi Agama Ambon. Semoga bapak Ketua dapat membimbing saya karena saya adalah Wakil Ketua PTA. Ambon yang baru disini.

Dalam Pidatonya beliau juga menyampaikan, saya bukanlah orang yang terbaik diantara bapak dan ibu sekalian, oleh karena itu kalau seandainya nanti saya salah dalam menjalankan tugas bapak dan ibu harus mengingatkan agar tetap berpegang teguh kepada undang-undang dasar negara RI tahun 1945 beserta peraturan-peraturan lainnya, semoga saya akan menjadi salah satu figur pimpinan yang akan mengikuti falsafah lebah yang akan singgap di tempat-tempat yang baik, selalu satu komando taat terhadap satu orang dan terakhir lebah sikapnya koloni dan salalu bermasyarakat, oleh karena itu pekerjaan yang susah kalau dikerjakan bersama-sama maka akan terasa ringan itulah falsafah yang akan saya pakai di Pengadilan Tinggi Agama Ambon ini ujarnya”.

P.Wakil 2

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari yang mulia bapak Drs. Wahyudi S.H., M.H. Wakil ketua PTA. Ambon yang sekarang dipromosikan menjadi Wakil ketua PTA. Bangka Belitung dalam sambutannya menyampaikan bahwa bapak Drs. H. Ayep Saepul Miftah, S.H., M.H merupakan pribadi yang baik, saya pernah menjadi ketua di PA. Sragen dan beliau menjadi Wakil ketua, beliau sangat cekatan dalam pekerjaan, selamat datang di Pulau raja-raja.

Alhamdulillah pada pagi ini saya mengakhiri tugas di bumi raja-raja, Pada tanggal 7 Desember tahun 2022 saya dilantik dan ditempat ini, dan pada hari ini tanggal 14 Mei 2024 kurang lebih 1 tahun 5 bulan saya dibebas tugaskan di tempat ini banyak kenangan, banyak pengalaman yang saya dapatkan di PTA. Ambon ini, saya menyarankan kepada bapak-bapak hakim untuk banyak menjelajah di kota Ambon Karena Ambon adalah terdapat banyak tempat wisata. Sebagai manusia, ada potensi saya melakukan kesalahan untuk itu saya mohon maaf dan berdoa semoga Allah mengampuni kita sekalian amin.

P.Wakil 3

Testimoni selanjutnya dihantarkan oleh yang mulia ketua Pengadilan Tinggi Ambon, pertama-tama beliau mengucapkan Alhamdulillah di siang ini kami diberi nikmat sehat kuat serta kesehatan sehingga kami bisa hadir disini untuk mengikuti acara pelepasan, bertemu dengan teman saya ingin menyampaikan permohonan maaf, saya menyampaikan amanat bahwa bapak yang mulia Ketua Pengadilan Tinggi Ambon tidak bisa hadir karena kurang sehat untuk itu saya yang mewakili beliau hadir disini semoga kita dapat berkolaborasi dengan wakil ketua baru, berbicara mengenai testimoni kadang-kadang kualitas kebersamaan tidak bisa ditentukan oleh lamanya waktu, bukan karena waktu yang lama tapi karena kemistrinya dapat, saya merasa bangga juga kepada beliau sebagai orang yang taat beribadah, saya kalau ke PTA. Ambon sama seperti saya pulang ke kampung halaman karena sering berjamaah bersama dengan budaya yang sama. Selamat datang Bapak Ketua dan Wakil Ketua PTA. Ambon yang baru semoga kita dapat membangun kemistri antara Peradilan Agama dan Peradilan Umum dan dilingkungan peradilan Khususnya,  Jika selama pergaulan walaupun baru 4 bulan saya disini ada juga hal-hal yang sangat tidak enak dan tidak berkesan saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon Drs. H. Sahrudin, SH., MHI. menyampaikan bahwa semua yang ada di PTA. Ambon merupakan orang-orang yang rajin beribadah, baik Wakil Ketua lama maupun Wakil Ketua yang baru, kita akan membuat momen agenda tertentu karena di lingkungan mahkamah agung terutama lingkungan peradilan itu bukan orang lain masih keluarga besar kita. Jadi tidak ada lagi jarak antara empat pilar peradilan yaitu PN, PA, PTUN dan Dilmil kita semua tidak  berbeda “tegasnya”, hanya saja dibedakan oleh tugas dan kompetensi kewenangannya masing-masing namun yang pada akhirnya bermuara kepada Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Saya mengucapkan selamat buat bapak dan ibu yang baru dilantik baik Wakil Ketua maupun kepada para kasubag, semoga dapat membawa berkah untuk diri sendiri, bagi institusi, keluarga dan pencari keadilan. oleh karena itu saya menyampaikan bahwa PTA. Ambon ini merupakan PTA yang sudah mendapat Predikat WBBM dilingkungan Mahkamah Agung, ini adalah predikat yang pretisius karena gampang-gampang susah untuk mendapatkannya, kalau tidak Ambon sudah mendapatkan predikat WBBM saya tidak perlu meragukan integritasnya, yang harus dilakukan adalah tingkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, dan saya berpesan kepada yang baru dilantik apa yang sudah baik perlu dipertahankan bila perlu ditingkatkan kalau yang tidak baik tugas kita untuk menata dan memperbaikinya. Kita harus menjaga merawat apa yang sudah baik.

Bapak Wakil Ketua yang baru tidak semua orang mendapat jabatan Wakil Ketua, semoga kami dapat melanjutkan program yang sudah ada, saya pun ingin berpesan kepada semuanya :

  1. yang pertama jagalah integritas seperti yang ada pada core value asn dan nilai-nilai utama Mahkamah Agung, setinggi apapun pengetahuan kita tetapi kalau integritasnya tidak ada maka akan tetap zero.
  2. Yang kedua suka atau tidak suka yang sudah ada disini akan menjadi role model, kita mempunyai kriteria harus meningkatkan pengetahuan kita dan meningkatkan profesionalitas.
  3. yang ketiga pesan dari saya atas nama pimpinan dan keluarga PTA Ambon kami mengucapkan selamat atas pelantikannya;
  4. keempat untuk Wakil Ketua PTA. Bangka Belitung selamat menjalankan tugas di tempat yang baru dan saya yakin percaya dengan profil bapak yang sudah ada dimanapun bapak berada saya yakin bukan menjadi masalah;
  5. saya akan melanjutkan apa sudah ada, tetap mempertahankan agar matahari tetap bertahan dari daerah Timur, atas nama pimpinan saya mengucapkan terimakasih atas dedikasinya selama ini, PTA. Ambon yang saya lihat sudah banyak perubahan yang ada luar biasa, terima kasih atas pengabdiannya dan kami memohon maaf kepada bapak.

P.Wakil 4

Acara ditutup dengan pantun yang dibawakan oleh Yml. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon Drs. H. Sahrudin, SH., MHI., Penyerahan Cendera mata dan foto bersama dengan seluruh jajaran PTA dan PA dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Ambon.

Red_PTA. Ambon

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Ambon

Jl. Raya Kebun Cengkeh Batumerah Atas Ambon - 97128

Telp: (0911) 341171

Fax:  (0911) 355296

Website : www.pta-ambon.go.id

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.