logo

on . Hits: 205

RAPAT KOORDINASI (RAKOR) PENGADILAN AGAMA SEWILAYAH HUKUM PENGADILAN TINGGI AGAMA AMBON  

DENGAN TEMA “KUATKAN INTEGRITAS WUJUDKAN LEMBAGA PERADILAN YANG BERSIH DAN BERWIBAWA”

 

PTA.Ambon.go.id││

Ambon│ Selasa tanggal 27 Februari 2024, bertempat di ruang Aula Pengadilan Tinggi Agama Ambon dilaksanakan Rapat Koordinasi yang di hadiri oleh Hakim Tinggi, Hakim, Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Ambon dan Pengadilan Agama Sewilayah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Ambon, acara pembukaan tersebut juga wajib diikuti oleh seluruh Satuan Kerja diwilayah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Ambon secara daring.

Acara dibuka dengan Menyanyikan Lagu Indonesia raya, Himne Mahkamah Agung dan Mars PTA. Ambon Serta Doa yang dibawakan oleh Bapak Drs. Ismail Sangaji, dalam sambutannya Ketua Panitia Drs. Nandang Nurdin, MH melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan atas dasar Surat Nomor 89 Januari Tahun 2024 dan  Program Kerja yang telah disusun Tahun 2024 Bahwa Rapat Koordinasi dilaksanakan  pada bulan Februari,  Pengadilan Tinggi Agama Ambon sebagai kawal depan Mahkamah Agung dalam melaksanakan fungsinya yaitu melakukan Pembinaan dan Pengawasan untuk itu perlu dilaksanakan Rapat Koordinasi dalam rangka membangun sinergitas antara Kegiatan yang tertuang di dalam Program Kerja seluruh Satuan Kerja dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Ambon. Rapat Koordinasi ini juga dilaksanakan dalam rangka memperkuat Integritas melalui Pembangunan Zona Integritas. adapun tujuan dilaksanakan Rapat Koordinasi (RAKOR) Antara lain :

  1. Menyelesaikan Permasalahan Hukum yang dihadapi;
  2. Menetapkan Program Kerja;
  3. Meningkatkan kemampuan SDM dalam bidang teknis;
  4. Meningkatkan Integritas Segenap Aparatur Pengadilan Tinggi Agama Ambon;
  5. Untuk Meningkatkan Peradilan yang bersih dan berwibawa.

Rakor 1

Dengan Tema “Kuatkan Integritas wujudkan Lembaga Peradilan yang bersih dan Berwibawa”, Narasumber dalam acara Rapat Koordinasi ini adalah Ym. Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon beserta bapak ibu Hakim Tinggi sedangkan peserta terdiri dari Pengadilan Tinggi Agama Ambon dan Pengadilan Agama sewilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Ambon dengan jumlah peserta sebanyak 51 orang dan dilaksankan selama 3 hari yaitu dari tanggal 27 s/d 29 Februari 2024.  

Sementara itu Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon menyampaikan Saya mengajak kepada bapak dan ibu untuk mengucapkan puji syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala yang mana pada kesempatan ini kita diberikan kesehatan kesempatan untuk hadir bersama-sama dalam suatu agenda acara Rapat Organisasi (RAKOR) yang dilaksanakan pada bulan Februari karena bersamaan dengan peringatan hari ulang tahun PTA. Ambon.

Kegiatan ini dilaksanakan tentunya dengan tujuan yaitu melihat inventarisasi masalah (DIM) dan kendala yang dialami dalam pelaksanaan tugas di seluruh Satuan Kerja Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Ambon dan dicarikan solusinya, Hasil pengawasan reguler akan sampaikan oleh Pak Wakil Ketua terkait dengan temuan yang masih berulang di dalam pengelolaan keuangan, Penguatan integritas melalui pengelolaan keuangan yang merupakan sumber yang bisa merusak integritas maka pengelolaan keuangan harus berjalan dengan sebagaimana mestinya, Kinerja tahun 2023 menurut saya kalau perlu semua aspek diberikan penghargaan jadi harus selaras apalagi pengelolaan perkara, untuk itu saya mendatangi Pak wakil untuk membentuk tim audit keuangan karena ada pejabat yang Audit pengelolaan keuangan itu sudah digunakan namun belum didukung dengan eviden yang benar atau belum lengkap kalau kita seorang pemeriksa atau seorang auditor atau seorang pengawas begitu memeriksa dan anggarannya sudah cair namun belum didukung dengan dokumen yang benar dan lengkap disitu sudah ada indikasi bahwa ada gejala penggunaan 25% indikator tidak ada.

Rakor2

Beliau juga meminta Dalam rapat ini betul-betul dirumuskan dengan baik langkah-langkah apa saja yang harus ditempuh/dipersiapkan dalam melakukan pengawasan terkait dengan penggunaan keuangan termasuk di dalam keuangan perkara serta peran role model harus selalu ditingkatkan agar menjadi tauladan yang baik bagi sekelilingnya. saya juga berharap mudah-mudahan tahun ini ada salah satu Satker diwilayah kita ini yang bisa mendapatkan WBK dan WBBM dan Insya Allah tahun ini juga bisa diresmikan dua gedung pengadilan yaitu di Pengadilan Agama Dataran Hunimoa dan Pengadilan Agama Dataran Hunipopu oleh karena itu dan saya minta perhatian khusus kepada ketua untuk mengawasi pelaksanaan pembangunan gedung kantor itu sehingga bisa terselesaikan tepat waktu dan diresmikan pada bulan Oktober.

Dengan mengucapkan Bismillahirahmanirrahim, Rakor Sewilayah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Ambon dengan Tema “Kuatkan Integritas Wujudkan Lembaga Peradilan yang bersih dan berwibawa” saya nyatakan dibuka.

AFW_RED

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Ambon

Jl. Raya Kebun Cengkeh Batumerah Atas Ambon - 97128

Telp: (0911) 341171

Fax:  (0911) 355296

Website : www.pta-ambon.go.id

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.