logo

on . Hits: 251

PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN  

HAKIM TINGGI DAN SEKRETARIS PENGADILAN TINGGI AGAMA AMBON

 PTA.Ambon.go.id││

Ambon│ Rabu tanggal 31 Januari 2024, bertempat di ruang Aula Pengadilan Tinggi Agama Ambon dilaksanakan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Sekretaris dan Hakim Tinggi pengadilan Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Ambon, Acara tersebut ikuti oleh Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Panitera, Pejabat Struktural dan Fungsional, Staf Pelaksana, PPNPN Pengadilan Tinggi Agama Ambon serta Tamu undangan lainnya yang hadir secara langsung maupun melalui zoom. Hakim Tinggi yang dilantik adalah Bapak Drs. H. Akhmadi, M.Sy yang sebelumnya adalah hakim Pengadilan Agama Tiga Raksa, Bapak Drs. Akhmad Saidi, MH. yang sebelumnya adalah Hakim Pengadilan Agama Sumedang serta Sekretaris yaitu bapak Andi Fajar Sjam Sawerilongi yang sebelumnya adalah Sekretaris Pengadilan Agama Makassar.

Acara Pengambilan sumpah dan Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon (Dr. H. Khaeril R, MH) dan berlangsung dengan penuh khidmad, dalam perkenalan singkatnya bapak Drs. H. Akhmadi, M.Sy menyampaikan bahwa asal saya dari Banten tugas pertama saya di PA. Serui, PA. Nabire sampai di PA. Tigaraksa dan Alhamdulillah sekarang di Pengadilan Tinggi Agama Ambon, dan Bapak Drs. Akhmad Saidi, MH meyampaikan saya banyak tugas di Kalimantan Tengah, ke Sumedang dan sekarang di Ambon. para Hakim Tinggi yang baru dilantik tersebut menyampaikan mohon bimbingannya, kami sebagai orang baru dan semoga kami bisa betah disini, bisa bergaul dengan baik dan bisa diterima oleh teman-teman dari pengadilan Tinggi Agama Ambon.

pel1

Sementara itu Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Ambon yang baru dilantik Andi Fajar Sjam Sawerilongi dalam perkenalannya mengucapkan terimakasih kepada Ketua dan keluarga Besar Pengadilan Tinggi Agama Ambon karena berkat koordinasi yang baik sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, tak luput pula beliau mengucapkan terimakasih kepada Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar, Ketua PA. Makasar dan rekan-rekan yang turut mengantar ke Ambon sampai pada acara Pelantikan ini. Saya lahir dibandung besar di cepu tapi asal saya sengkang, saya besar di Jawa, saya terangkat PNS pada tahun 2006, enam tahun di PTA, kemudian di mutasi ke PA Watampone, setelah pemisahan Sekretaris dan Panitera saya di angkat menjadi Sekretaris PA. Watampone selama 10 tahun kemudian pindah di PA. Makasar selama 1 tahun 4 bulan dan sekarang saya di Pengadilan Tinggi Agama Ambon.  semoga saya dan isteri saya bisa berpartisipasi dengan baik bersama teman-teman semua.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon (Dr. H. Khaeril R, MH) menyampaikan bahwa marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah subhanahu wa ta'ala yang mana pada kesempatan ini kita masih diberi kesehatan kesempatan untuk mengikuti suatu rangkaian yaitu pelantikan dua Hakim Tinggi dan Pelantikan Sekretaris pada pengadilan Tinggi Agama Ambon. mengawali sambutan ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada yang mulia Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar, bersama Ketua Pengadilan Agama Makassar Klas I A dan tamu undangan lainnya yang  hadir secara langsung maupun melalui zoom dalam mengikuti acara pelantikan khususnya kepada Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Ambon dan sekaligus tadi bersama-sama dengan pelantikan dua Hakim Tinggi baru pada Pengadilan Tinggi Agama Ambon, selamat datang di Kota Ambon Manise yang dijuluki sebagai jazirah almuluk atau bumi raja-raja.

Pel2

Hakim Tinggi dan Sekretaris yang baru dilantik adalah Pribadi-pribadi yang terpilih dan telah tampar oleh waktu dan pengalaman apalagi kedua Hakim Tinggi ini saya tahu proses barangkali kalau kita-kita yang Hakim Tinggi dulu itu langsung saja di SK-Kan setelah memenuhi persyaratan pangkat, akan tetapi untuk Hakim Tinggi sekarang termasuk yang telah dilantik lebih dahulu harus melalui proses yang panjang dan saya dan yang mulia Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar termasuk orang yang mengambil bagian dari pada eksaminasi untuk memilih Hakim Tinggi tersebut. jadi tentu tidak diragukan kapabilitasnya dan kemampuan baik secara teknis dan lain sebagainya begitu pula kepada sekretaris dalam hal ini andi fajar saya tahu persis ini adalah pejuang, kenapa saya katakan pejuang karena dia termasuk peserta tes sekretaris yang sampai tujuh kali mengikuti tes untuk menjadi sekretaris, satu moto beliau yang kita bisa petik yaitu “saya tidak akan berhenti mengikuti tes sekretaris sepanjang masih bersyarat”

saya mengharapkan kepada Hakim Tinggi yang telah disumpah tadi maupun Sekretaris jadikanlah sumpah yang telah diucapkan dan Pakta integritas yang telah ditandatangani sebagai cermin untuk menjaga integritasnya karena integritas adalah tolak ukur yang utama di dalam mewujudkan badan peradilan yang agung, integritas adalah tiang penyangga bagi tegaknya sebuah keadilan sehingga perlu adanya kesadaran dari segenap insan peradilan yang tentu penting untuk merawat integritas dalam setiap menjalankan tugas dan tanggung jawab yang telah diamanatkan kepada kita. saya juga mengharapkan adanya semangat dan mental yang kuat karena keagungan badan peradilan bukan sekedar dilihat dari gambaran fisiknya saja melainkan ditentukan oleh perilaku dan moral aparatur yang menjadi pelakunya gedung yang mewah fasilitas yang lengkap beserta teknologi yang canggih tidak akan ada gunanya dan tidak berarti apa-apa jika tidak diikuti oleh sikap moral dan perilaku yang baik dari segenap aparaturnya.

Disaat kepercayaan publik terhadap lembaga peradilan menurun maka tugas para hakim dan aparatur peradilan menjadi semakin berat karena prasangka negatif publik kepada lembaga peradilan menjadi semakin tinggi namun kita tidak boleh putus asa karena perjalanan yang harus kita tempuh masih sangat panjang tetaplah Istiqomah dan selalu menjunjung tinggi integritas karena dua hal itulah yang akan mampu mengembalikan kepercayaan publik kepada lembaga peradilan. sejalan dengan hal itu juga harus mendukung dan menyukseskan terlaksananya program prioritas direktur jenderal badan Pengadilan Agama tahun 2024 yang antara lain penguatan kelembagaan, penguatan integritas, penguasaan SDM dan penguatan penguatan teknologi informasi, ingatlah selalu bahwa di pundak kita semua terletak tanggung jawab untuk senantiasa menjaga kehormatan dan nama baik lembaga oleh karena itu jangan sekali-sekali melakukan perbuatan yang tercela karena apapun yang kita lakukan baik buruknya akan berdampak pada lembaga peradilan yang menjadi tempat kita mengabadikan diri.

pel3

saya mengucapkan selamat bertugas kepada saudara dan mudah-mudahan dengan kehadiran bapak dan baik sebagai Hakim Tinggi dan Sekretaris memberi kontribusi positif kepada Pengadilan Tinggi Agama Ambon dan khususnya kepada plt. Sekretaris saya mengucapkan banyak terima kasih kepada beliau selama 4 bulan banyak memberikan kontribusi positif apalagi waktu itu ada kedatangan tamu dari Mahkamah Agung yang di pimpin oleh YM. Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia dan beberapa petinggi pimpinan dari Mahkamah Agung dan alhamdulillah setelah melakukan kunjungan ke Pengadilan Tinggi Agama Ambon merasa sangat puas, sehingga ada pernyataan dari ketua kamar yang menyatakan pantas Pengadilan Tinggi Agama Ambon memperoleh WBK dan WBBM.

mengakhiri sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon menyampaikan yang saya ingin tekankan kepada bapak yang baru dilantik bahwa marilah kita bersama-sama menjaga predikat WBK dan WBBM dan marilah kita senantiasa menjaga integritas, lebih kurangnya mohon dimaafkan wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Acara ditutup dengan ucapan selamat dan Foto Berama. 

AFW_RED

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Ambon

Jl. Raya Kebun Cengkeh Batumerah Atas Ambon - 97128

Telp: (0911) 341171

Fax:  (0911) 355296

Website : www.pta-ambon.go.id

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.